Pengertian Humas Lengkap ! ( Tugas, Fungsi, Tujuan dan Kegiatan Humas )

Posted on

Definisi Humas | Selamat pagi sobat, bagaimana hari kalian menyenangkan bukan ? Di hari yang menyenangkan ini mimin akan mengajak sobat untuk mengulas pengertian Humas atau hubungan masyarakat.

Pengertian Humas, Tugas, Fungsi, Kegiatan

Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat)

Humas merupakan singkatan dari Hubungan Masyarakat yang artinya praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat.

Humas juga disebut degan Public Relation yang dikatakan sebagai sebuah usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesuksesan atau kegagalan dari sebuah organisasi dapat dipengaruhi oleh kegiatan humas.

Fungsi Humas (Hubungan Masyarakat)

Peran dan fungsi dari humas diantaranya adalah untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan stakeholder dan masyarakat umum.

Sedangkan Menurut Edward L.Bernays, Humas memiliki Fungsi sebagai :

  • Memberikan penerangan kepada publik,
  • Melakukan persuasi kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik
  • Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat, atau sebaliknya.

Baca juga : Pengertian Inflasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Tugas Humas

Publik Relation memiliki tugas yang sangat penting dalam sebuah organisasi, berikut adalah tujuan dari Humas (Hubungan Masyarakat)

Membuat kesan (image)

Tugas humas yakni membuat image atau gambaran yang diperoleh seseorang tentang suatu fakta sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pengertian mereka (terhadap suatu produk, orang, atau situasi).

Pengetahuan dan pengertian.

Peranan humas lainnya adalah memberikan pengetahuan dan pengertian terutama dalam membantu menginformasikan pada publik internal (dalam organisasi) dan publik eksternal (luar organisasi) dengan menyediakan informasi akurat dalam format yang mudah dimengerti sehingga ketidak-pedulian akan suatu organisasi, produk, atau tempat dapat diatasi melalui pengetahuan dan pengertian.

Menciptakan ketertarikan

Publik relation bertugas menciptakan ketertarikan publik dalam suatu situasi atau serial situasi, yang bisa jadi berpengaruh besar dalam suatu organisasi atau sekelompok orang.

Penerimaan

Biasanya dalam lingkungan masyarakat terjadi pro dan kontra, oleh karenanya sangatlah penting bagi seorang Humas menjelaskan situasi dan kondisi yang jelas kepada masyarakat sehingga tercipta sebuah ketenangan dan penerimaan.

Simpati

Tugas humas lainnya adalah menciptakan simpati. Dengan mengemukakan informasi secara jelas dan tidak bias, umumnya merupakan cara yang berhasil untuk meraih simpati.

Kegiatan humas

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Humas diantaranya :

  • Merancang pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan.
  • Melakukan segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara media cetak dan elektronik.
  • Menjaga reputasi perusahaan dan citra produk melalui pemanfaatan kekuatan pesan dan atau kombinasinya.
  • Komunikasi interaktif.
  • Iklan multiguna (memanfaatkan momentum psikologis).
  • Penjualan simpatik.
  • Melakukan iklan layanan masyarakat.
  • Pemasaran dari mulut kemulut.
  • Ajang pemasaran khusus dimana aktivitas dirancang untuk melibatkan khalayak.
  • Memanfaatkan komunikasi yang akrab untuk pelanggan.

Baca juga : Pengertian Inflasi (Teori, Penyebab, Jenis-jenis, Dampak, Cara Menanganinya)

Demikian penjelasan tentang pengertian Humas, Tugas Humas, Fungsi Humas serta Kegiatan yang dilakukan oleh humas. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *