Pengertian Hoax dan Asal Usulnya

Posted on

Pengertian Hoax – Kata “Hoax” seringkali kita dengar belakangan ini baik melalui internet, televisi maupun dari media social lainnya. Bagi pembaca yang belum mengetahui pengertian Hoax, sebaiknya untuk menyimaknya dibawah ini.

Pengertian Hoax dan Asal Usulnya

Pengertian Hoax (Hoks)

Hoax : (dibaca : Hoks) berasal dari bahasa Inggris yang artinya tipuan, menipu, berita bohong, berita palsu dan kabar burung.

Jadi ”Hoax” dapat diartikan sebagai ketidakbenaran suatu informasi.

Menurut Wikipedia, Hoax merupakan sebuah pemberitaan palsu yakni sebuah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca dan pendengarnya agar mempercayai sesuatu.

Biasanya seorang yang menyebarkan berita hoax secara sadar melakukan suatu kebohongan dan menyebarkan informasi yang tidak benar.

Hal ini bertujuan menggiring opini dan kemudian membentuk persepsi terhadap suatu informasi.

Sekarang ini Hoax cukup erat kaitanya pada isu politik. Biasanya ini dilakukan untuk menyebarkan rumor agar menguntungkan pihak tertentu. Namun tak jarang hoax ditemukan pada kasus-kasus lain.

Baca juga : Pengertian Demokrasi Terpimpin, Sejarah, Pelaksanaan, dan Dampaknya

Asal Usul Kata Hoax

Banyak situs yang menyebutkan bahwa kata Hoax pertama kali digunakan oleh para netizen berkebangsaan Amerika. Ini mengacu pada sebuah judul film “The Hoax” pada tahun 2006 yang disutradarai oleh Lasse Hallstrom.

Film ini dinilai mengandung banyak kebohongan, sejak saat itu istilah ”hoax” muncul setiap kali ada sebuah pemberitaan palsu.

Sedangkan menurut Robert Nares, kata Hoax muncul sejak abad 18 yang merupakan kata lain dari “hocus” yakni permainan sulap.

Terlepas dari asal usul kata tersebut saat ini banyak media pemberitaan yang menyebarkan hoax atau pemberitaan palsu. Sebagai netizen yang baik diharapkan agar lebih selektif dan berhati-hati akan segala informasi yang tersebar.

Diharapkan pula untuk tidak langsung percaya dan menggali informasi lebih jauh, jangan terprofokasi dan jadilah netter sekaligus warga Indonesia yang cerdas.

Semoga informasi di Sumberpengertian.com dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Simak terus infomasi lainya pada postingan selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *