Pengertian Hipotesis Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Posted on

Pada artikel sebelumnya mimin telah mengulas tentang pengertian Hipotesis, jenis-jenis, cara merumuskan hipotesis serta syarat-syarat hipotesis. Kali ini kami akan melajutkan materi hipotesis secara umum dan menurut pandangan para ahli. Yuk langsung saja kita simak artikel selengkapnya.Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli

Pengertian Hipotesis Secara Umum

Secara Umum Pengertian Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.

Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pendapat para ahli tentang Hipotesis :

Dantes (2012)

Menurut Dantes, hipotesis diartikan sebagai praduga atau asumsi yang harus diuji melalui data atau fakta yang diperoleh dengan jalan penelitian.

Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti (2007:137)

Definisi Hipotesis adalah pernyataan atau tuduhan bahwa sementara masalah penelitian yang kebenarannya masih lemah (belum tentu benar) sehingga harus diuji secara empiris.

Good dan Scates (1954)

Menurut Good dan Scates, pengertian hipotesis adalah sebuah taksiran atau referensi yang dirumuskan dan diterima hanya untuk sementara serta dapat menerangkan fakta-fakta ataupun kondisi-kondisi yang diamati dan digunakan sebagai petunjuk untuk langkah-langkah selanjutnya.

Baca juga :

Kerlinger (1973)

Pengertian Hipotesis adalah pernyataan dugaan hubungan antara dua variabel atau lebih.
Definisi Hipotesis adalah pernyataan yang masih lemah tingkat kebenaran yang masih harus diuji dengan menggunakan teknik tertentu.

Margono (2004)

Menurut Margono hipotesis berasal dari kata hypo dan thesis. Hipo berarti kurang dari, sedangkan tesis berarti pendapat. Jadi, hipotesis ialah suatu pendapat atau kesimpulan yang sifatnya masih sementara. Hipotesis merupakan suatu kemungkinan jawaban dari masalah yang diajukan.

Muri Yusuf (2005)

Menurut Muri Yusuf, definisi hipotesis adalah kesimpulan sementara yang belum final atau suatu jawaban yang sifatnya sementara dan merupakan konstruk peneliti terhadap masalah penelitian, yang menyatakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Kebenaran dugaan tersebut harus dibuktikan dengan cara penyelidikan ilmiah.

Prof. Dr. S. Nasution (2000)

Definisi Hipotesis Menurut Prof. Dr. S. Nasution adalah dugaan tentang apa yang kita amati dalam upaya untuk memahaminya.

Suryabrata (2000)

Jika ditinjau dengan teori ilmiah, hipotesis merupakan deduksi dari teori ilmiah (pada penelitian kuantitatif) dan kesimpulan sementara sebagai hasil observasi untuk menghasilkan teori baru (pada penelitian kualitatif).

Sudjana (2005)

Pengertian hipotesis dipandang sebagai asumsi atau dugaan sementara mengenai suatu hal yang dibuat untuk menjelaskan suatu hal yang sering dituntut untuk melakukan pengecekan.

Sugiyono (2009)

Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. Hipotesis dikatakan sementara karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori.

Suharsimi Arikunto

Hipotesis merupakan suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap suatu permasalahan penelitian sampai terbukti melalui data-data yang terkumpul.

Zikmund (1997:112)

Hipotesis berdasarkan pandangan Zikmund adalah proposisi atau dugaan belum terbukti bahwa tentatif menjelaskan fakta atau fenomena, serta kemungkinan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penelitian.

Baca juga : Pengertian Hipotesis Lengkap ( Rumusan, Macam, Ciri-ciri dan Syarat Hipotesis)

Demikian informasi tentang definisi Hipotesis Secara Umum dan Definisi Hipotesis Menurut Para Ahli. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaa. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *