Pengertian Hilal, Hisab dan Rukyat Lengkap !

Posted on

Pengertian Hilal, Hisab dan Rukyat – Selamat Ramadhan sobat, Bagaimana ibadah puasa kalian ? Pada kesempatan yang baik ini admin akan berbag tentang pengertian Hilal, Hisab dan Rukyat. Datangnya Bulan Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri selalu ditentukan berdasarkan Hilal.

Jadi apa itu hilal ? Sobat pasti penasaran kan? Yuk langsung saja kita simak pengertian Hilal, Hisab dan Rukyat dibawah ini 🙂Pengertian Hilal, Hisab dan Rukyat Lengkap !

Pengertian Hilal

Pengertian Hilal adalah sabit bulan baru yang menandai masuknya bulan baru pada sistem kalender Qomariyah atau Hijriah.

Hilal merupakan penampakan bulan yang dilihat dari bumi setelah ijtimak atau konjungi. Karena penampakan hilal ini sangat redup maka hilal ini dapat diamati setelah matahari terbenam.

Faktor yang Mempengaruhi Tampakan Hilal

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penampakan hilal diantaranya :

  • Kedudukan Bumi, Bulan, dan Matahari
  • Tinggi dan jarak sudut antara Bulan dan Matahari
  • Atmosfer
  • Kondisi pengamat

Pengertian Hisab

Pengertian Hisab secara harfiah diartikan sebagai “perhitungan”. Jadi hisab diartikan sebagai metode perhitungan matematik astronomi untuk memperkirakan posisi matahari dan bulan terhadap bumi.

Penentuan hilal ini sangat penting bagi umat islam hal ini dikarenakan penentuan puasa ramadhan, hari raya idul fitri dan ibadah haji ditentukan berdasarkan periode bulan.

Pengertian Rukyat

Pengertian Rukyat adalah aktivitas mengamati visibilitas hilal. Visibilitas hilal yakni yakni penampakan bulan sabit yang nampak pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi).

Aktivitas Rukyat dapat dilakukan dengan mata telanjang maupun dengan alat bantu optik seperti teleskop.
Pengamatan ini dilakukan setelah matahari terbenam karena intensitas cahaya hilal sangat redup.

Artikel lainnya :

Inilah pengetian Hilal, Hisab dan rukyat serta faktor yang mempengaruhi pengamatan hilal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel lainnya di Sumberpengertian.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *