Pengertian Geologi Menurut Para Ahli Lengkap !

Posted on

Selamat malam sobat, yuk belajar tentang Pengertian Geologi Secara Umum dan menurut pendapat para ahli. Baiklah mari kita langsung saja membahas materi ini yaa 🙂

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli Lengkap !

Pengertian Geologi

Pengertian Geologi adalah suatu ilmu pengetahuan tentang kebumian yang berkaitan dengan planet bumi, baik komposisi, sifat fisik, sejarah, komposisi, maupun proses pembentukannya.

Hal yang dipelajari tak hanya apa saja yang ada di dalam bumi, melainkan juga fenomena alam yang ada di dalam permukaan bumi.

Istilah Geologi diambil dari bahasa Yunani yakni “ge” yang artinya bumi dan logos yang artinya adalah alasan. Dapat dikataka bahwa geologi adalah ilmu yang mempelajari terbentuknya bumi.

Ricardh de Bury memperkenalkan istilah Geologi pertama kali pada tahun 1473. Ricardh menggunakan kata geologi ini untuk ilmu kebumian.

Namun saat ini bapak geologi modern yang terkenal adalah James Hutton. Hal ini dikarenakan buku Theory of the Earth yang dikeluarkannya pada tahun 1979.

Baca juga : Pengertian Garis, Titik dan Bidang beserta Contohnya !

Pengertian Geologi Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi Geologi menurut pendapat para ahli :

Bates dan Jakson (1990)

Menurut Bates dan Jakson, Geologi adalah ilmu yang mempelajari planet bumi terutama mengenai materi penyusunnya, proses yang terjadi padanya, hasil proses tersebut, sejarah planet itu, dan bentuk-bentuk kehidupan sejak bumi terbentuk (dalam Sutanto, 1999).”

Djauhari Noor (2012)

Geologi menurut Djauhari Noor adalah suatu bidang ilmu pengetahuan kembumian yang mempelajari segala sesuatu mengenai planit bumi beserta isinya yang pernah ada. Merupakan kelompok ilmu yang membahas tentang sifat-sifat dan bahan-bahan yang membentuk bumi, struktur, proses-proses yang bekerja baik didalam maupun diatas permukaan bumi, kedudukannya di alam semensta serta sejarah perkembangan nya sejak bumi ini lahir di alam hingga sekarang.

Holmes (1965)

Geologi berdasarkan pandangan Holmes adalah ilmu yang menggambarkan evolusi bumi dan penduduknya, sejak awal pembentukannya sampai sekarang, yang dapat diakui di batu.

Katili (1970)

Geologi menurut Katili adalah Pengetahuan menyelidiki lapisan batuan geologi di kerak bumi.

Munir (1996)

Geologi berdasarkan pandangan Munir adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang gejala yang terkait dengan pembentukan bumi, keberadaan bumi, serta fenomena lain yang terkait dengan bentuk alami.

Noer Aziz M., dkk (2002)

Pengertian Geologi adalah studi tentang bumi dan Bumi sebagai seluruh kelompok studi, asal, struktur, komposisi, sejarah (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses alami yang sudah ada dan sedang berlangsung, yang membuat keadaan bumi seperti itu hari ini.

Parker (1997)

Geologi is the study of earth, ists history, and life as recorded in the rocks, included the study of the geologic features of an area, such as the geometry of the rock formaton, weathering and erosion, and sedimentation (dalam Harisutanto).

Written Brooks (1972)

Geologi adalah ilmu bumi ke asal, struktur, komposisi dan sejarah (termasuk perkembangan kehidupan) serta proses yang telah menyebabkan keadaan saat bumi seperti ini.

Baca juga : Pengertian Berita, Bagian, Syarat-syarat, Sifat dan Ciri-ciri Berita yang BaikPengertian Berita, Bagian, Syarat-syarat, Sifat dan Ciri-ciri Berita yang Baik

Demikian penjelasan tentang Defisini Geologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Jangan lupa untuk terus menyimak artikel pendidikan yang kami sajikan di Sumbepengertian.com yaa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *