Pengertian Garis, Titik dan Bidang beserta Contohnya !

Posted on

Dalam sebuah seni baik dua dimensi maupun tiga dimensi diperlukan perpaduan antara titik, garis dan bidang. Bagaimana sih konsep dan definisi dari ketiganya ? Yuk langsung simak saja artikel selengkapnya.

Pengertian Titik

Dalam Ilmu atau dunia menulis, titik adalah tanda yang digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat. Jika dalam ilmu matematika titik adalah sesuatu yang punya kedudukan, tetapi titik tidak punya ukuran.

Seperti pada dunia menulis, dalam dunia matematika titik direpresentasikan dengan sebuah noktah “.”. Hanya saja dalam dunia matematika titik diberi nama dengan menggunakan huruf kapital seperti A, B, atau C, dan seterusnya.

Contoh Titik

Contoh Titik

Baca juga : Pengertian Qalqolah, Jenis-jenis Qalqalah dan Contohnya !

Pengertian Garis

Garis adalah himpunan titik-titik yang anggotanya terdiri dari lebih dari satu buah titik. Titik-titik tersebut berderet ke kedua arah yang berlawanan sampai jauh tak terhingga.

Model atau representasi suatu garis misalnya seperti seutas benang atau tali lurus yang dapat diperpanjang kedua arah yang berlawanan sampai jauh tak terhingga.

Garis hanya mempunyai ukuran panjang. Pada titik diberi nama menggunakan satu buah huruf kapital, sedangkan untuk garis diberi nama dengan menggunakan huruf kecil seperti g, h, k, dan seterusnya, atau dua buah huruf kapital seperti AB, AC, BC, dan seterusnya.

Contoh Garis

Contoh Garis

Pengertian Bidang

Pengertan bidang adalah himpunan garis-garis yang anggotanya terdiri dari lebih dari dua buah garis. Jadi, pada sebuah bidang, terdiri dari banyak sekali garis. Model sebuah bidang adalah permukaan sebuah kertas yang dapat diperlebar ke semua arah.

Bidang memiliki ukuran panjang dan lebar serta diberi nama dengan menyebutkan titik-titik sudut dari bidang tersebut atau memakai huruf α, β, γ , dan seterusnya.
Pada gambar di bawah ini diperlihatkan dua buah bidang, yaitu bidang α dan bidang ABCD.

Contoh Bidang

Contoh Bidang

Baca juga : Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli Lengkap !

Mudah bukan untuk membedakan antara titik, garis dan bidang ? Semoga artikel yang kami sajikan ini membawa pencerahan yaa hehe 😀 Jangan lupa untuk menyimak artikel pendidikan lainnya di Sumberpengertian.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *