Pengertian Fotosintesis hingga Faktor yang Mempengaruhi

Posted on

Hello sobat, kali ini Sumberpengertian.com akan menyapa anda dengan tema Fotosintesis. Yuk memahami salah satu proses yang ada pada tumbuhan ini.

Pengertian Fotosintesis dan Proses Terjadinya

Pengertian Fotosintesis

Pengertian Fotosintesis adalah pembentukan zat makanan melalui proses biokimia yang dilakukan oleh tumbuhan hijau dengan bantuan sinar matahari.

Pengertian Fotositesis menurut Wikipedia, suatu proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun atau klorofil.

Fotosintesis berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata “Foto” yang berarti cahaya dan “Synthesis” yang artinya menggabungkan atau penggabungan.

Dengan kata lain Fotosintesis adalah proses penggabungan bahan organik berupa air (H2O) dan karbondioksida (CO2) dengan bantuan sinar matahari.

Proses Fotosintesis pada tumbuhan hanya dapat dilakukan pada siang hari karena proses tersebut membutuhkan sinar matahari. Sinar matahari menjadi salah satu komponen utama dalam proses tersebut.

Hasil dari proses fortosintesis adalah energi dan oksigen. Karenanya proses fotosintesis sangat penting bagi kehidupan. Tidak hanya bagi tumbuhan tetapi juga bagi kelangsungan hidup manusia.

Baca juga : Pengertian Validitas, Jenis, Fungsi dan Kegunaan

Tahap-Tahap Reaksi Pada Fotosintesis

Berdasarkan prosesnya reaksi di dalam Fotosintesis di bagi menjadi dua yakni :

Reaksi Terang

Reaksi Terang adalah proses klorofil merubah energi matahari menjadi energi kimia dalam bentuk ATP. Pada reaksi terang bantuan sinar matahari sangat diperlukan

Reaksi Gelap

Reaksi Gelap merupakan reaksi pada Reaksi Terang yang tidak membutuhkan cahaya. Pada reaksi ini terjadi proses pembentukan karbohidrat melalui konversi CO2 dan air. Reaksi gelap terjadi melalui dua jalur yakni siklus Calvin – Benson dan Siklus Hatch – Slack.

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses Fotosintesis

Faktor Internal

Faktor internal pada tumbuhan sangat mempengaruhi proses fotosintesis. Faktor internal tersebut diantaranya :

  • Umur daun
  • Ketersediaan nutrisi
  • Translokasi karbohidrat
  • Kerusakan organ
  • Jumlah daun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan turut mempengaruhi reaksi dalam Fotosintesis. Berikut adalah beberapa faktor lingkungan yang memperngaruhi poses Fotosintesis :

  • Intensitas Cahaya
  • Suhu
  • Konsentrasi karbondioksida
  • Kadar air
  • Kadar fotosintat
  • Tahap pertumbuhan

Demikian pengertian fotosintesis yang telah kami rangkum. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *