Pengertian Flowchart Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap !

Posted on

Pengertian Flowchart Secara Umum dan Menurut Para Ahli – Selamat pagi dan selamat beraktivitas sobat, untuk pembahasan kali ini admin akan membagikan informasi tentang Flowchart. Bagi sebagian orang tentunya sudah tidak asing dengan diagram alir ini, namun bagi yang belum faham maka simaklah Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli di bawah ini.Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Pengertian Flowchart Secara Umum

Definisi Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan Flowchart menurut pandangannya masing-masing diantaranya yang paling terkenal adalah :

Pahlevy (2010)

Pahlevy menyatakan bahwa Flowchart (bagan alir) merupakan sebuah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

Jogiyanto (2005)

Jogiyanto berpendapat bahwa Bagan alir (flowchart) adalah bagan (chart)yang menunjukkan alir atau arus (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika.

Krismiaji (2010)

Dalam bukunya berjudul Sistem Informasi dan Akutansi, Krismiaji menyebutkan bahwa Bagan alir merupakan teknik analitis yang digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek sistem informasi secara jelas, tepat dan logis.

Indrajani (2011)

Flowchart menurut pandangan Indrajani merupakan gambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program.

Sariadin Siallagan (2009)

Sariadin Siallagan berpendapat bahwa Flowchart adalah bagan atau suatu diagram alir yang mempergunakan simbol atau tanda untuk menyelesaikan suatu masalah.

Baca juga : Pengertian Nilai Secara Umum & Menurut Para Ahli

Flowchart sangar erat kaitanya dengan Data Flow Diagram (DFD). Apa itu DFD ?

Pengetian Data Flow Diagram (DFD)

Menurut Pahlevi definisi Data Flow Diagram (DFD) merupakan suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas.

Daftar Pustaka

Pahlevy, Randy, Tesar. 2010. Rancang Bangun Sistem pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW). Skripsi Program Studi Tehnik Informatika. Surabaya,Indonesia: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Baca juga : Pengertian Jasa Lengkap ! (Ciri-ciri, Jenis-jenis Jasa dan Contoh Jasa)

Demikian penjelasan tentang Pengertian Flowchart Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan terkait topik tersebut. Simak terus artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com yaa 🙂 Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *