Pengertian Fisika Menurut Para Ahli Lengkap !

Posted on

Hello sobat pengertian ! Jumpa lagi bersama mimin yang pada kesempatan yang baik ini akan membagikan informasi mengenai Pengertian Fisika. Fisika merupakan salah satu pelajaran yang sulit kita pahami. Tetapi, jika kita telah memahaminya kita akan senang untuk menyelesaikan permasalahn fisika. Oleh karena itu, mimin akan mengajak pembaca memahami pengertian Fisika . Mari kita simak saja artikel berikut ini.

Pengertian Fisika

Pengertian Fisika

Fisika adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi [1] beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya

Kata fisika berasal dari kata “physic” yang artinya alam. Tujuan utama fisika adalah memahami bagaimana alam semesta berkerja. Sedangkan, tujuan dari mempelajari ilmu fisika yaitu agar kita dapat mengetahui bagian dasar dari benda dan mengerti interaksi antar benda-benda, serta mampu untuk menjelaskan mengenai fenomena alam yang terjadi.

Secara garis besar, bidang fisika terdiri dari 2 kelompok yaitu fisika klasik dan fisika modern. Fisika klasik mempunyai sumber terhadap berbagai gejala yang ditangkap oleh indra kita.

Fisika klasik meliputi : bunyi, mekanika, panas, listrik magnet, optika, serta gelombang yang menjadi perbatasan fisika klasik dengan fisika modern.

Fisika modern telah berkembang sejak abad ke-20, sejak adanya penemuan tentang radioaktivitas oleh keluarga Curie serta teori relativitas Einstein. Agar lebih lengkap lagi, berikut pengertian fisika menurut para ahli.

Baca Juga : Pengertian e-Business Menurut Para Ahli (TERLENGKAP)

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

Berikut beberapa ahli yang mendefinisikan pengertian fisika, antara lain :

Bambang Ruwanto

Fisika adalah salah satu bagian dari ilmu dasar atau sains serta merupakan ilmu yang fundamental.

Brockhaus

Fisika adalah pelajaran tentang kejadian alam yang dapat memungkinkan untuk percobaan, penelitian, pengukuran apa yang didapat, berdasarkan peraturan-peraturan umum, serta penyajian secara sistematis.

Dahmen

Fisika sebagai uraian tertutup mengenai berbagai kejadian fisis yang didasarkan pada hukum-hukum dasar.

Deruxes

Fisika sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berusaha untuk menguraikan dan menjelaskan hukum alam serta berbagai kejadian alam dengan suatu gambaran menurut pemikiran manusia itu sendiri.

Drs. Supiyanto, M. Si.

Ilmu Fisika merupakan ilmu fundamental yang menjadi suatu tulang punggung perkembangan ilmu pengetahuan.

Efrizon Umar

Fisika adalah salah satu ilmu yang didasarkan kepada berbagai besaran-besaran dalam ilmu fisika.

Ensiklopedia

Fisika adalah ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang benda beserta gerakannya dan juga manfaatnya bagi kehidupan manusia.

E.Budikase dan Nyoman

Fisika merupakan ilmu yang banyak memerlukan pemahaman dibandingkan penghafalan.

Gerthsen

Fisika sebagai teori yang mendeskripsikan tentang berbagai gejala alam hingga sesederhana mungkin serta berusaha dalam menemukan hubungan antara kenyataannya. Permasalahan dasar guna memecahkan persoalannya ialah dengan cara mengamati gejala tersebut.

Kusuma

Fisika adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai berbagai gejala alam yang terjadi pada energi atau materi yang menempati ruang serta mempunyai massa. Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mempelajari tentang gejala alam keseluruhan

Mikrajudin

Fisika adalah cabang paling utama dalam ilmu sains, hal ini karena berbagai prinsipnya merupakan dasar atas setiap cabang sains yang lainnya.

Osa Pauliza

Fisika adalah sesuatu yang dapat diukur serta memiliki nilai-nilai yang dinyatakan ke dalam bentuk satuan.

Weizacher

Fisika sebagai teori peramaian berbagai alternatif yang secara empiris dengan percobaan yang dapat dibedakan.

Young, Hough D

Fisika adalah ilmu yang sangat dasar dari ilmu-ilmu pengetahuan.

KBBI

Fisika adalah suatu ilmu mengenai zat serta energi seperti cahaya, panas, bunyi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian 4 Pilar Kebangsaan beserta Isi dan Maknanya !

Itulah pengertian Fisika yang dapat mimin sampaikan. Terimakasih telah mengunjungi blog kami di Sumberpengertian.com. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *