Pengertian Filsafat Pancasila Secara Umum & Menurut Para Ahli

PPKN Melisa

Pancasila sebagai falsafah dan ideologi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai warna Indonesia yang baik, sudah seharusnya kita memahami tentang pengertian Filsafat Pancasila. Mari kita belajar bersama-sama tentang Filsafat Pancasila.

Pengertian Filsafat Pancasila Menurtu Para Ahli

Pengertian Filsafat Pancasila Secara Umum

Pengertian Filsafat Pancasila adalah hasil dari pemikiran yang paling dalam yang dianggap, dipercaya dan sangat diyakini sebagai sesuatu ( norma-norma dan nilai-nilai ) yang paling dianggap benar, paling adil, paling bijaksana, paling baik dan paling sesuai untuk bangsa Indonesia.

Baca juga : Pengertian Reformasi, Tujuan dan Faktor Pendorong Reformasi

Pengertian Filsafat Pancasila Menurut Para Ahli

Soekarno

Soekarno manyatakan bahwa pancasila merupakan filsafat asli Indonesia yang diambil dari budaya dan tradisi Indonesia dan akulturasi budaya india ( hindu-budha ), Barat ( Kristen ) dan Arab ( Islam ).

Beliau berpendapat bahwa ( ketuhanan ) ialah asli berasal dari Indonesia ( keadilan sosial ) terinpirasi dari konsep ratu adil, Soekarno tidak pernah menyinggung atau memprogandakan ( persatuan ).

Soeharto

Sedangkan oleh Presiden ke Bapak Soeharto filsafat pancasila mengalami perubahan, melalui filsuf-filsuf yang disponsori Depdikbud semua elemen Barat disingkirkan dan diganti interpretasinya dalam budaya Indonesia sehingga menghasilkan ( pancasila truly Indonesia ).

Semua sila dalam pancasila ialah asli Indonesia dan pancasila dijabarkan menjadi lebih rinci yakni dalam butir-butir pancasila.

Ruslan Abdulgani

Ruslan Abdulgani berpendapat bahwa Pancasila adalah filsafat negara yang lahir sebagai ideologi kolektif (cita-cita bersama) seluruh bangsa Indonesia.

Notonagoro

Notonagoro mengartikan bahwa Filsafat Pancasila ini memberikan pengetahuan dan pengertian ilmiah yaitu tentang hakikat pancasila.

Secara ontologi, kajian pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar sila-sila pancasila.

Sedangkan menurut seorang ahli bernama Notonagoro, hakikat dasar antologi pancasila adalah manusia, karena manusia ini yang merupakan subjek hukum pokok sila-sila pancasila.

Sedangkan jika secara epistemologis filsafat pancasila diartikan sebagai upaya untuk mencari kebenaran pancasila sebagai suatu sistem pengetahuan.

Baca juga : Pengertian Korupsi Secara Umum & Menurut Para Ahli

Dasar epistemologis dikategorikan menjadi 3 yakni :

  1. Tentang sumber pengetahuan manusia.
  2. Tentang teori kebenaran pengetahuan manusia.
  3. Tentang watak pengetahuan manusia.

Demikian penjelasan terkait Pengertian Filsafat Pancasila menurut Para Ahli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat yaa bagi para pembaca. Simak info lainnya di Sumberpengertian.com

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Pengertian Filsafat Pancasila Secara Umum & Menurut Para Ahli