Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli dan Contohnya

Posted on

Dalam sebuah perusahaan diperlukan nilai-nilai yang perlu dipatuhi agar dapat menggapai visi perusahaan seta meningkatkan kinerja karyawannya. Dalam artikel ini kami akan membahas terkait pengertian Etika Bisnis agar para pembaca dapat memahaminya dengan mudah.

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Etika Bisnis

Etika Bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.

Baca juga : Pengertian Kedaulatan, Sifat dan Jenis-Jenis Kedaulatan

Pengertian Etika Bisnis Menurut Para Ahli

Velasques

Etika Bisnis menurut Velasques merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

Brown dan Petrello

Brown dan Petrello menyatakan bahwa Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh.

Hill dan Jones

Mengutip dari pendapat ahli Hill dan Jones bahwa, “Etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar guna memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.”

Steade et al

Sedangkan menurut Steade et al, Etika bisnis adalah standar etika yang berkaitan dengan tujuan dan cara membuat keputusan bisnis.

Baca juga : Pengertian Akuntabilitas Secara Umum & Menurut Para Ahli

Contoh Etika Bisnis dalam Perusahaan

Admin telah mengutip dari Liputan6.com tentang beberapa contoh Etika Bisnis yang biasanya terjadi dalam sebuah perusahaan.

Sebutkan nama lengkap

Menyebutkan nama lengkap ketika berkenalan cukup penting dilakukan. Dalam situasi berbisnis, mitra sebaiknya menyebutkan nama lengkap saat berkenalan. Namun jika namanya terlalu panjang atau sulit diucapkan, akan lebih baik jika sedikit menyingkat.

Berdirilah saat memperkenalkan diri

Berdiri saat mengenalkan diri akan menegaskan kehadiran mitra. Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk berdiri, setidaknya mundurkan kursi, dan sedikit membungkuk agar orang lain menilai positif kesopanan motra.

Ucapkan terima kasih secukupnya

Dalam percakapan bisnis dengan siapapun, bos atau mitra perusahaan, hanya perlu mengucapkan terima kasih satu atau dua kali. Jika mengatakannya berlebihan, orang lain akan memandang kalau mitranya sangat memerlukannya dan sangat perlu bantuan.

Kirim ucapan terima kasih lewat email setelah pertemuan bisnis

Setelah mitra menyelesaikan pertemuan bisnis, kirimkan ucapan terima kasih secara terpisah ke email pribadi rekan bisnis Anda. Pengiriman lewat email sangat disarankan, mengingat waktu tibanya akan lebih cepat.

Jangan duduk sambil menyilang kaki

Tak hanya wanita, pria pun senang menyilangkan kakinya saat duduk. Namun dalam kondisi kerja, posisi duduk seperti ini cenderung tidak sopan. Selain itu, posisi duduk seperti ini dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Tuan rumah yang harus membayar

Jika anda mengundang atau mengajak rekan bisnis untuk makan di luar, maka sang mitralah yang harus membayar tagihan. Jika sang mitra seorang perempuan, sementara rekan bisnis atau klien, laki-laki, ia tetap harus menolaknya. Dengan mengatakan bahwa perusahaan yang membayarnya, bukan uang pribadi.

Demikian pengetian Etika Bisnis serta contohnya dalam sebuah perusahaan. Semoga informasi yang Sumberpengertian.com ini dapat memperluas wawasan sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *