7 Pengertian Empati Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Empati – Dalam hidup bersosial tentu kita melibatkan berbagai macam emosi salah satunya rasa empati. Rasa empati akan menumbuhkan keharmonisan antar individu maupun kelompok. Mungkin banyak yang mengira pengertian simpati dan empati adalah sama. Bagi yang masih berfikir seperti itu baiknya untuk menyimak Pengetian Empati berikut.

Pengertian Empati Menurut Para Ahli

Pengertian Empati Secara Umum

Empati adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk merasakan kondisi emosional atau perasaan yang dimiliki orang lain.

Pengertian Empati Menurut Para Ahli

  1. Menurut Wikipedia, Empati berasal dari bahasa Yunani yang berarti ketertarikan fisik. Hal ini dapat difenisikan sebagai respon afektif dan kognitif yang komplekspada distres emosional orang lain.
  2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasikan dirinya kedalam perasaan atau pikiran yang sama dengan kelompok lain.
  3. Menurut Baron dan Byrne dalam buku Psikologi sosial pengertian empati adalah kemampuan untuk merasakan keadaan emsional orang lain, measakan simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil prespektif orang lain.
  4. Menurut Eeileen R dan Syllvia S pengertian empati merupakan kegiatan berfikir yang dimiliki manusia sebagai mahluk individu terkait dengan rasa yang dihasilkan ketika ia berhubungan dengan orang lain.
  5. Menurut Taylor, Empati merupakan suatu usaha untuk mendalami perasaan yang dimiliki oleh orang lain agar ia dapat merasakan serta menangkap arti dari apa yang dirasakan oleh orang lain tersebut.
  6. Menurut Thomas F. Mader dan Diane C. Mader, Empati merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk berbagi perasaan yang memiliki landasan berupa kepedulian.
  7. Menurut Hodges, S.D dan Klein, K.J (2011), Empati adalah kemampuan dengan berbagai definisi yang berbeda yang mencakup spektrum yang luas, berkisar pada orang lain yang menciptakan keinginan seseorang untuk menolong sesama, mengalami emosi yang serupa dengan emosi orang lain, mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan, mengaburkan garis antara diri dan orang lain.

Baca juga : Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Ciri dan Contohnya

Perbedaan Empati dan Simpati

Perbedaan simpati dan empati adalah simpati berupa perasaan, maka empati termasuk kedalam tindakan.

Demikian penjelasan terkait pengertian empati. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Simak terus informasi lainnya di Sumberpengertian.com yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *