Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli beserta Jenisnya

BiologiIPA Melisa

Selamat pagi sobat, pagi ini admin akan membagikan informasi terkait Pengertian Ekosistem. Bagi sobat yang belum tau tentang pengertian ekosistem, komponen penyusun serta macam-macam ekosistem sebaiknya kita belajar bersama-sama agar lebih mudah memahaminya.

Pengertian Ekosistem dan Contohnya

Pengertian Ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Dapat dikatakan bahwa ekosistem merupakan suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Baca juga : Pengertian Sel Menurut Para Ahli berserta Jenis-Jenisnya

Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli

Woodbury (1954)

Pegertian Ekosistem menurut Woodbury adalah tatanan kesatuan secara kompleks di dalamnya terdapat habitat, tumbuhan dan binatang yang dipertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh, sehingga semuanya akan menjadi bagian mata rantai siklus materi dan aliran energi.

A.G. Tansley (1935)

Menurut A.G. Tansley, Ekosistem adalah suatu unit ekologi (an ecological unit) yang didalamnya terdapat struktur dan fungsi.

Odum (1993)

Odum berpendapat bahwa Ekosistem merupakan unit fungsional dasar dalam ekologi yang di dalamnya tercakup organisme dan lingkungannya (lingkungan biotik dan abiotik) yang di antara keduanya saling memengaruhi.

Soemarwoto (1983)

Soemarwoto menjelaskan bahwa ekosistem yaitu suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

UU Lingkungan Hidup tahun 1997

Pengertian Ekosistem menurut UU Lingkungan Hidup adalah tatatan kesatuan cara yang utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

Komponen Pembentuk Ekosistem

Ekosistem dibentuk oleh dua komponen yakni biotik dan abiotik.

Abiotik

Komponen abiotik merupakan komponen yang terdiri dari benda mati atau benda tak hidup (non hayati).

Contoh Komponen Abiotik : unsur hara, air, tanah, cahaya matahari, dan udara.

Biotik

Komponen biotik merupakan komponen ekosistem berupa benda hidup (organisme)

Contoh komponen biotik : Heterotrof (Konsumen), Pengurai (dekomposer).

Baca juga : Pengertian Japri di Group WA, BBM dan Line

Jenis-jenis Ekosistem

Ekosistem terdiri dari dua macam yakni ekosistem alami dan ekosistem buatan.

Ekosistem Alami

Ekosistem alami merupakan sebuah hubungan timbal balik yang terjadi pada suatu wilayah tertentu tanpa campur tangan manusia.

Ekosistem Buatan

Ekosistem buatan merupakan sebuah ekosistem yang merupakan hasil campur tangan manusia untuk memenuhi hasyrat dan kebutuhannya.

Demikian pengertian ekosistem secara umum dan menurut para ahli lengkap dengan komponen penyususn serta jenis dan macamnya. Semoga artikel yang kami sajikan di Sumberpengertian.com ini dapat memperluas wawasan anda.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

Most popular articles related to Pengertian Ekosistem Menurut Para Ahli beserta Jenisnya