Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli !

Posted on

Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas tentang definisi Ekologi lengkap dengan prinsip, jenis-jenis dan contohnya. Kali ini kami akan mengulas tentang Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli. Yuk simak pengertian Ekologi langsung dari pakarnya.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi Secara Umum

Definisi Ekologi adalah ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Istilah Ekologi berasal dari Bahasa Yunani yakni dari kata oikos yang artinya habitat dan yang artinya Ilmu.

Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel pada tahun 1834 – 1914. Dalam Ilmu ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.

Baca juga : Pengertian Design Grafis, Prinsip dan Unsur Design Grafis (Lengkap)

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui definisi Ekologi secara umum, yuk simak pengertian Ekologi Menurut Para Ahli.

Andrewartha

Ekologi menurut Andrewartha adalah suatu ilmu yang membahas penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.

C. Elton

Ekologi adalah suatu ilmu yang mengkaji sejarah alam atau juga perkehidupan alam dengan secara ilmiah.

Eugene P. Odum

Definisi Ekologi adalah suatu analisis sistematis serta fungsi alam, tentang suatu struktur dan juga hubungan diantara sesama organisme dengan lingkungannya.

Krebsekologi

Ekologi menurut Krebsekologi adalah suatu studi pengetahuan yang membahas suatu hubungan yang menentukan adanya penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.

Miller (1975)

Ekologi merupakan suatu studi tentang hubungan timbal balik diantara organisme serta sesamanya dan juga dengan lingkungannya.

Resosoedarmo

Ekologi menurut pandangan Krebsekologi adalah suatu stdui yang mempelajari mengenai interaksi timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.

Odum (1971)

Pengertian Ekologi adalah kajian terstruktur dan fungsi alam, tentang struktur dan interaksi antara sesama organisme dengan lingkungannya.

Odum (1975)

Pengertian Ekologi adalah kajian tentang rumah tangga bumi termasuk flora, fauna, mikroorganisme, dan manusia yang hidup bersama dan saling bergantung satu sama lain.

Otto Soemarwoto

Ekologi ialah suatu ilmu tentang hubungan timbal balik diantara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

Baca juga : Pengertian Ekologi Lengkap | Prinsip, Jenis-jenis dan Contoh Ekologi

Setelah menyimak pendapat para ahli tentang Pengertian Ekologi pasti sobat sudah memahami apa itu Ekologi. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan kepada sobat yaa 🙂 Sampai jumpa di Informasi pendidikan lainnya milik Sumberpengertian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *