Pengertian Efek Rumah Kaca Secara Umum & Menurut Para Ahli

Umum Melisa

Mungkin banyak dari kalian yang sering mendengar istilah Efek Rumah Kaca, namun pasti ada juga sebagian yang belum tahu persis apa itu pengertian Efek Rumah Kaca dan dampaknya. Karenanya admin pada artikel ini akan secara khusus mengulaskan untuk sobat 🙂

Pengertian Efek Rumah Kaca dan Dampaknya

Pengertian Efek Rumah Kaca Secara Umum

Efek Rumah Kaca adalah meningkatnya konsentrasi gaskarbon dioksida (CO2) di atmosfer bumi sehingga membuat semakin banyak gelombang yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap oleh atmosfer.

Peristiwa ini kemudian mengakibatkan pemanasan global. Isu lingkungan ini banyak menjadi sorotan dunia hingga beberapa dekade terahir.

Pengertian Efek Rumah Kaca Menurut Para Ahli

Asosiasi Energi New Mexico, Amerika Serikat (AS)

Menurut Asosiasi Energi New Mexico, Amerika Serikat (AS) pengertian Efek rumah kaca merupakan kejadian dimana panas di Bumi terperangkap karena terhalang oles gas emisi seperti karbon dioksida pada atmosfer.

Gas emisi tersebut kebanyakan berasal dari asap kendaraan dan pabrik serta kebakaran hutan.

Badan Perlindungan Lingkungan (AS)

Badan Perlindungan Lingkungan (AS) menyerbutkan bahwa Efek rumah kaca adalah proses meningkatnya suhu rata-rata permukaan Bumi karena lapisan atmosfer Bumi yang kian menipis bahkan bocor.

Hal ini menjadikan cuaca di Bumi semakin panas karena sinar matahari tidak lagi terhalang oleh lapisan atmosfer.

Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam

Pengertian Efek rumah kaca adalah krisis lingkungan dan kemanusiaan yang sedang terjadi di Bumi. Suhu permukaan Bumi kian meningkat akibat terperangkap oleh gas karbon dioksida yang semakin banyak dari hari ke hari, dan menjadikan Bumi semakin panas dan rawan akan bencana.

Baca juga : Pengertian Sanitasi Menurut Para Ahli

Penyebab Terjadinya Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca disebabkan oleh naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2), uap air, nitrogen, metana dan gas-gas lainnya di atmosfer.

Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan bahan bakar organik lainnya.

Dampak Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca berdampak negatif terhadap lingkungan, resiko kesehatan, bahkan ganguan dalam ekonomi. Berikut adalah beberapa dampak dari Efek Rumah Kaca.

Lingkungan

Efek Rumah Kaca sangat berdampak terhadap perubahan ekosistem sehingga menyebabkan banyak species mahluk hidup yang akan punah.

Kerusakan ekosistem ini juga menyebabkan terjadinya bencana alam, kekurangan air bersih dan berbagai masalah lingkungan lainnya.

Kesehatan

Jika Efek Rumah Kaca mengganggu iklim serta ekosistem yang ada dibumi maka otomatis hal ini juga akan berpengaruh terhadap kesehatan.

Cuaca yang ekstrem akan mempermudah penyebaran penyakit serta menciptakan penyakit-penyakit baru yang akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan.

Ekonomi

Apabila perubahan iklim menjadi tidak menenti serta terjadi banyak bencana maka pemasokan kebutuhan pokok akan terhambat. Petani akan mengalami gagal panen karenanya sistem ekonomi akan sangat terganggu.

Contoh Fenomena Efek Rumah Kaca

Pada tahun 2000 Greenland telah kehilangan 1,5 triliun ton es yang disebabkan karena efek rumah kaca (pemanasan global)

Berdasarkan penuturan Wahono (2011) Perubahan dalam 12 tahun terakhir yang paling mengkhawatirkan para ilmuwan adalah yang terjadi di Artik, dimana lautan es musim panasnya lumer, dan hilangnya massa es beralas daratan pada lokasi-lokasi kunci di seluruh dunia.

Baca juga : Pengertian Hasad dan Contoh Perilaku Hasad

Solusi Efek Rumah Kaca

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat membantu mengurangi dampak Efek Rumah Kaca dengan beberapa cara diantaranya :

  • Mengurangi pembuangan limbah ke alam.
  • Mengadakan reboisasi besar-besaran.
  • Mengurangi kegiatan pembakaran mineral alam agar terjadi penurunan gas efek rumah kaca.

Demikian informasi terkait efek rumah kaca lengkap dengan penyebab, dampak, contoh serta solusinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel lainnya di Sumberpengertian.com

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply