Pengertian e-Banking, Jenis-jenis, Manfaat dan Contohnya !

Posted on

Saat ini kita sudah tidak asing lagi dengan metode pembayaran dengan menggunakan e-banking atau yang dikenal juga dengan istilah internet banking. Apa sih pengertian e-banking, serta apa saja fungsi dan kegunaanya.

Pengertian e-Banking, Jenis-jenis, Manfaat dan Contohnya !

Pengertian e-Banking (Internet Banking)

Pengertian e-banking adalah kegiatan yang melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan.

Jenis-jenis e-Banking

Berikut adalah macam-macam produk E-Banking yang sudah diterapkan di Bank yang ada di Indonesia :

Internet Banking

Internet Banking merupakan layanan teranyar e-Banking yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi via internet dengan menggunakan komputer/PC atau PDA. Fitur transaksi yang dapat dilakukan sama dengan Phone Banking yaitu informasi jasa/produk bank, informasi saldo rekening, transaksi pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan transfer ke bank lain. Kelebihan dari saluran ini adalah kenyamanan bertransaksi dengan tampilan menu dan informasi secara lengkap tertampang di layar komputer/PC atau PDA.

Sms Banking

SMS banking merupakan sebuah layanan yang pada dasarnya evolusi lebih lanjut dari Phone Banking, yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi via HP dengan perintah SMS. Fitur transaksi yang dapat dilakukan yaitu informasi saldo rekening, pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), dan pembelian voucher.

Phone Banking

Phone Banking merupakan sebuah layanan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dengan bank via telepon. Pada awalnya lazim diakses melalui telepon rumah, namun seiring dengan makin populernya telepon genggam/HP, maka tersedia pula nomor akses khusus via HP bertarif panggilan flat dari manapun nasabah berada.

ATM (automated teller machine)

Automated Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri merupakan saluran e-Banking paling populer yang kita kenal. Setiap kita pasti mempunyai kartu ATM dan menggunakan fasilitas ATM. Fitur tradisional ATM adalah untuk mengetahui informasi saldo dan melakukan penarikan tunai.

Dalam perkembangannya, fitur semakin bertambah yang memungkinkan untuk melakukan pemindahbukuan antar rekening, pembayaran (a.l. kartu kredit, listrik, dan telepon), pembelian (a.l. voucher dan tiket), dan yang terkini transfer ke bank lain (dalam satu switching jaringan ATM).

Tips Aman E-Banking

Berikut adalah beberapa tips aman dalam menggunakan e-banking :

  • Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain.
  • Usahakan setiap melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima respon balik atas transaksi tersebut.
  • Jangan pernah memberi tahu pin anda ke orang lain.

Jenis-Jenis Transaksi e-Banking

Transaksi yang dapat anda lakukan melalui internet banking atau e-banking diantaranya adalah :

  • Pengecekan Saldo
  • Tranfer Uang
  • Pembayaran tagihan
  • Informasi rekening
  • Pemindahbukuan
  • Pembelian pulsa dan pembelian lainnya

Contoh-contoh Bank yang Menyediakan Fasilitas Internet Banking

Banyak sekali bank di Indonesia yang sudah menggunakan internet banking diantaranya :

  • BCA (www.klikbca.com)
  • Bank Mandiri (www.bankmandiri.co.id)
  • CIMB Niaga (www.cimbniaga.com)
  • BII (www.bii.co.id)
  • BRI iBank (www.ib.bri.co.id)

Baca juga : Pengertian Quick Acces Toolbar dan Fungsinya Pada Microsoft Word 2007

Demikian penjelasan tentang e-banking atau Internet Banking yang dapat mimin sampaikan. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk menyimak Sumberpengertian.com yaa karena kami akan terus membagikan informasi menarik lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *