Pengertian Drama beserta Unsur Intrinsik Drama

B. Indonesia Melisa

Dalam seni terdapat banyak cabangnya yakni salah satunya Seni Drama. Bagaimana pengertian dari Drama dan unsur instrinsiknya ? Untuk sobat yang belum tau, simaklah artikel dibawah ini.

Pengertian Drama dan Struktur Drama

Pengertian Drama

Drama adalah bentuk karya sastra yang mempertunjukan sifat atau budi pekerti  dengan gerak, mimik muka (ekspresi) dan dialog antar tokohnya.

Dalam drama terdapat beberapa unsur intrinsik yang hanya dapat anda temukan ketika menyimak dan memahami dialog antar pelaku.

Baca juga : Pengertian Atmosfer Bumi, Gas Penyusun dan Lapisannya

Unsur Intrinsik Drama

Terdapat beberapa unsur istrinsik dalam drama yakni :

Tema

Tema merupakan bagian dari intrinsik drama yang menjadi ide pokok atau inti dasar sebuah cerita. Dapat diartikan bahwa Tema adalah gagasan pokok dari pengarang yang mendasari suatu cerira.

Alur (Plot)

Alur merupakan jalinan cerita yang berisi tentang jalinan konflik yang dialami oleh tokoh dalam drama. Struktur dan alur dalam drama dimulai dari perkenalan, pertikaian (komplikasi), krisis, dan resolusi.

Tokoh

Tokoh merupakan pelaku dari sebuah cerita. Sedangkan orang yang memerankan tokoh dalam drama disebut dengan pemain drama.

Berdasarkan sifatnya tokoh terbagi ke dalam tiga kategori :

  • Tokoh Protagonis
  • Tokoh Antagonis
  • Tokoh Tritagonis

Berdasarkan perannya tokoh terbagi dalam tiga kategori :

  • Tokoh Sentral
  • Tokoh Utama
  • Tokoh Pembantu

Penokohan

Penokohan atau yang disebut dengan perwatakan merupakan penggambaran sifat batin seorang tokoh yang disajikan dalam drama. Penokohan ini digambarkan melalui dialog, ekspresi, atau tingkah laku.

Baca juga : Pengertian Zat beserta Jenis dan Sifatnya

Latar ( Setting )

Latar atau seting merupakan gambaran tempat , waktu atau segala situasi terjadinya peristiwa dalam cerita. Dalam drama biasanya latar atau seting dapat dilihat dari backgound panggung, tata cahaya, serta penampilan dari para tokohnya.

Amanat

Amanat merupakan pesan yang disampaikan oleh pengarang kepada para pembaca. Pesan yang disampaikan pada drama ditemukan melalui peristiwa yang terdapat dalam naskah drama.

Demikian pengertian Drama serta Unsur Intrinsik yang ada didalamnya. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat menambah wawasan anda. Simak informasi penting lainnya hanya di Sumberpengertian.com yaa 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply