Pengertian Diaspora Menurut Para Ahli Lengkap !

Posted on

Pengertian Diaspora – Hello guys, jumpa lagi dengan admin di Sumberpengertian.com. Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas tentang pokok bahasan pengertian Diaspora. Jadi apa sih Diaspora ? Apa contoh kasus Diaspora di Indonesia ?

Nah untuk anda yang juga penasaran akan definisi dari Diaspora. Simakalah artikel yang kami sajikan ini secara teliti 🙂

Pengertian Diaspora Menurut Para Ahli Lengkap !

Pengertian Diaspora

Diaspora secara istilah, berasal dari bahasa Yunani yaitu diasperio yang berarti (penyebaran atau penaburan benih).

Diaspora dapat diartikan sebagai kepada bangsa atau penduduk etnis manapun yang terpaksa atau terdorong untuk meninggalkan tanah air etnis tradisional mereka; penyebaran mereka di berbagai bagian lain dunia, dan perkembangan yang dihasilkan karena penyebaran dan budaya mereka

Pengertian Diaspora Menurut Para Ahli

Depdiknas (2012 : 325)

Definisi Diaspora adalah masa tercerai-berainya suatu bangsa yang tersebar di berbagai penjuru dunia dan bangsa tersebut tidak memiliki negara, misalnya bangsa Yahudi sebelum negara Israel berdiri pada tahun 1948.

Laevi dan Swedenburg 1991, (Arie Setyaningrum 2004 : 182)

Pengertian diaspora adalah suatu migrasi secara massifkelompok-kelompok orang kulit berwarna (non-kulit putih/Eropa) ke „jantung pusat Eropa‟selama dan sesudah kolonialisme barat.

Wang Gung Wu (Arie Setyaningrum 2004 : 182)

Menurut Wang Gung Wu (Arie Setyaningrum 2004 : 182) diaspora Cina memiliki setidaknya empat pola migrasi, yakni : sebagai kuli (Huagong), sebagai pedagang (Huangshang), sebagai perantauan (Huaqio), dan sebagai keturunan perantauan Cina yang bermigrasi ke tempat yang lainnya (Huayi)

Baca juga : Pengertian Khitbah Dalam Islam (Tata Cara, Akibat Hukum Khitbah serta Syarat-syaratnya)

Sejarah Diaspora

Istilah diaspora di gunakan oleh orang-orang Yunani merujuk kepada warga suatu kota kerajaan yang bermigrasi ke wilayah jajahan, dengan maksud kolonisasi untuk mengasimilasikan wilayah itu kedalam kerajaan.

Diaspora Yahudi

Dari sisi historis lainnya, kata “diaspora” digunakan untuk merujuk secara khusus kepada penduduk Yahudi yang di buang dari Yudea pada 586 SM oleh Babel, dan Yerusalem pada 135 M oleh kekaisaran Romawi. Istilah ini digunakan berganti-ganti untuk merujuk kepada gerakan historis dari penduduk etnis Israel yang tersebar, perkembangan budaya penduduk itu, atau penduduk itu sendiri.

Diaspora Indonesia

Diaspora Indonesia merupakan diaspora yang mengacu pada kegiatan merantau yang dilakukan oleh etnik-etnik di Indonesia.

Contoh Diaspora di Indonesia

Diaspora Minangkabau

Dalam sejarah, aktivitas perantauan telah dilakukan oleh orang Minangkabau sejak abad ke-15. Menurut sebagian sarjana, sistem matrilineal yang diterapkan dalam adat Minang, menjadi faktor penyebab terjadinya perantauan orang Minang. Kini, lebih dari 1 juta jiwa Minangkabau perantauan hidup di Malaysia dan Singapura.

Diaspora Jawa

Terjadi pada abad ke-19 dan 20, yaitu ketika pemerintahan kolonial Hindia Belanda, mengirim ribuan orang Jawa ke Suriname, Kaledonia Baru, dan Sumatera Timur untuk menjadi kuli di perkebunan milik Belanda.

Baca juga : Pengetian Ilmu Pengetahuan Menurut Para Ahli beserta Syarat dan Fungsinya

Demikian tentang Pengertian Diaspora, Contoh Diaspora yang Pernah Terjadi di Indonesia serta penjelasan berdasarkan pandangan Para Pakar. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *