Pengertian Demokrasi Pancasila, Ciri dan Asasnya

Posted on

Pengertian Demokrasi Pancasila – Hai sobat, Yuk belajar tentang Pengertian Demokrasi Pancasila. Tak ada salahnya kan untuk belajar mengenai demokrasi yang digunakan oleh negara kita 🙂

Pengertian Demokrasi Pancasila dan Ciri-Cirinya

Pengertian Demokrasi Pancasila dan Ciri-Cirinya

Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang pelaksanaanya menggunakan asas musyawarah dan mufakat untuk kepentingan bersama (seluruh rakyat).

Dalam pelaksanaannya Demokrasi Pancasila berdasarkan kepada prinsip dan nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi Demokrasi Pancasila menurut para ahli :

Menurut Ensiklpedia Indonesia

Demokrasi Indonesia berdasarkan pancasila yang meliputi bidang-bidang politik, social dan ekonomi, serta dalam penyelesaian masalah-masalah Nasional, berusaha sejauh mungkin menempuh jalan permusyawaratan untuk mencapai mufakat.

Menurut Profesor Dardji Darmo Darmadiharja

Demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang perwujudannya seperti dalam ketentuan-ketentuan pembukaan Undang Undang Dasar 1945.

Menurut Profesor Notoegoro

Demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang ber-ketuhanan YME, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut GBHN Tahun 1978 dan Tahun 1982

Gari Besar Haluan Negara Tahun 1978 dan 1982 menatapkan bahwa pembangunan politik diarahkan untuk lebih memantapkan perwujudan demokrasi Pancasila. Dalam rangka menetapkan stabilitas politik dinamis serta pelaksanaan mekanisme Pancasila, maka diperlukan pemantapan kehidupan konstitusional kehidupan demokrasi dan tegaknya hukum.

Baca juga : Pengertian COD dan Manfaatnya dalam Jual Beli Online

Ciri-ciri Demokrasi Pancasila

Adapun ciri-ciri dari Demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut :

  • Kedaulatan berada di tangan rakyat.
  • Berdifat kekeluargaan dan gotong royong.
  • Menghargai hak asasi manusia.
  • Pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah mufakat.
  • Demokrasi Pancasila berdasarkan hukum dan Undang-undang.

Asas Demokrasi Pancasila

Terdapat dua asas dalam sistem Demokrasi Pancasila yakni Asas Kerakyatan dan Asas Musyawarah :

Asas Kerakyatan

Asas kerakyatan adalah asas kesadaran untuk cinta kepada rakyat, manunggal dengan nasib dan cita-cita rakyat serta memiliki jiwa kerakyatan atau menghayati kesadaran senasib dan secita-cita dengan rakyat.

Asas Musyawarah

Asas Musyawarah adalah asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak seluruh rakyat yang jumlahnya banyak dan melalui forum permusyawaratan untuk menyatukan pendapat serta mencapai kesepakatan bersama atas kasih sayang, pengorbanan untuk kebahagiaan bersama.

Dari penjelasan diatas Sumberpengertian.com menyimpulkan bahwa Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang bersumber pada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang didapat dari Pancasila.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Simak informasi menarik lainnya pada postingan selanjutnya yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *