Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli | Fungsi dan Manfaat Dasar Negara

Posted on

Salam jumpa sobat, masih dengan Sumberpengertian.com yang akan berbagi informasi seputar pendidikan. Kali ini kami akan membahas tentang Pengertian Dasar Negara Secara Umum, dan Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli beserta fungsi dan manfaatnya.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli | Fungsi dan Manfaat Dasar Negara

Pengertian Dasar Negara

Pengertian dasar negara ada sikap hidup, pandangan hidup atau sesuatu yang tidak bisa dibuktikan kebenaran dan kesalahannya.

Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan dasar negara dalam pengertian yang berbeda yakni :

George Jellinek

Dasar Negara menurut George Jellinek adalah sebuah organisasi dengan kekuasan suatu kelompok orang yang bertempat di suatu wilayah tertentu.

J. J. Rousseau

Definisi Dasar Negara adalah suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga kemerdekaan setiap individu & ketertiban hidup rakyat negaranya.

K. C. Wheare

Menurut K. C. Wheare, dasar negara termasuk semua sistem tatanegara yang mengandung beberapa aturan dalam menjalankan pemerintahan suatu negara.

Karl Marx

Definisi dasar negara adalah suatu peringkat yang mempunyai kekuasaan dalam menjalankan eksploitasi atau penindasan kepada kelas yang lain.

Robert M. Mac. Iver

Dasar negara menurut Robert M. Mac. Iver adalah bentuk asosiasi yang mempunyai peran dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku & dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi tekanan maupun memaksa.

Baca juga : Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli !

Fungsi Dasar Negara

Pada umumnya, dasar negara dipergunakan oleh bangsa atau negara pendukungnya dan memiliki fungsi sebagai berikut :

Dasar berdiri dan tegaknya negara

Pemikiran yang mendalam tentang dasar negara lazim muncul ketika suatu bangsa hendak mendirikan sebuah negara. Atas dasar inilah dasar negara digunakan sebagai dasar berdirinya suatu negara. Sesudah negara berdiri, dasar negara dapat menjadi landasan bagi pengelolaan negara yang bersangkutan.

Dasar kegiatan penyelenggaraan negara

Negara didirikan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa di bawah pimpinan para penyelenggara negara. Agar para penyelenggara negara benar-benar dapat mewujudkan tujuan nasional, mereka harus mendasarkan semua kegiatan pemerintahan pada dasar negara

Dasar partisipasi warga negara

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk mempertahankan negara dan partisipasi dalam upaya bersama mencapai tujuan bangsa. Dalam menggunakan hak dan menunaikan kewajibannya itu, seluruh warga negara harus berpedoman kepada dasar negara.

Dasar Pergaulan antara warga negara

Dasar negara tidak hanya menjadi dasar perhubungan antar warga negara dan negara, melainkan dengan juga dasar bagi hubungan antarwarga negara.

Dasar dan Sumber Hukum Nasional

Setiap aktivitas penyelenggaraan negara dan warga negara dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara harus didasarkan pada hukum yang berlaku. Sehingga seluruh peraturan perundang-undangan yang dibentuk untuk penyelenggaraan negara harus didasarkan pada dasar negara.

Manfaat Dasar Negara

Berikut adalah manfaat dari dasar negara :

  • Sebagai pedoman hidup untuk semua masyarakat yang tinggal di dalam suatu negara tersebut.
  • Adanya dasar negara dapat menjadi acuan dan tujuan dalam bernegara.
  • Dasar negara menjadi sebuah kepribadian dan juga jiwa dari bangsa negara tersebut.
  • Dasar negara memberikan tujuan dan juga arah agar cita-cita bangsa dapat tercapai dengan baik dan maksimal serta menjadi salah satu alat yang menyatukan bangsa itu sendiri.

Baca juga : Pengertian Teks Deskripsi (Jenis, Ciri-ciri, Struktur, dan Contohnya )

Demikian penjelasan tentang pengertian dasar negara, fungsi, manfaat dasar negara serta definisi dasar negara menurut para ahli. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *