Pengertian CV (Persekutuan Komanditer) Lengkap !

Posted on

Pengertian CV (Persekutuan Komanditer) – Selamat Pagi sobat, kami akan mengawali pagi anda dengan pokok bahasan Pengertian CV atau Persekutuan Komanditer. Jadi Apa itu CV? Bagaimana ciri-cirinya ? dan apa saja jenis-jenisnya ? Yuk langsung saja kita bahasa selengkapnya.Pengertian CV (Persekutuan Komanditer) Lengkap !

Pengertian CV (Persekutuan Comanditer)

Pengertian CV atau Commanditaire Vennootschap adalah persekutuan dua orang atau lebih untuk mendirikan badan usaha yang dimana sebagian anggotanya memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas dan sebagiannya lagi memiliki tanggung jawab yang terbatas.

Dalam Bahasa Indonesia Istilah CV (Commanditaire Vennootschap) disebut dengan Persekutuan Komanditer.

Para pemodal yang ada pada CV (Persekutuan Komanditer) terdiri dari sekutu aktif dan pasif.

Sekitu Aktif

Sekutu aktif merupakan sekutu yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan modal dan juga pikiran maupun tenaganya untuk kelangsungan hidup perusahaan.

Sekutu Pasif

Sekutu pasif adalah sekutu yang hanya menyetorkan modal saja untuk perusahan. Lalu dari segi pembagian keuntungannya tergantung kesepakatan yang telah disepakati bersama.

Jenis-jenis CV (Persekutuan Komanditer)

CV atau Persekutuan Komanditer dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain :

Persekutuan Komanditer Murni

Persekutuan Komanditer Murni madalah persekutuan komanditer yang pertama. Dalam persekutuan ini hanya terdapat satu sekutu komplementer, sedangkan yang lainnya adalah sekutu komanditer.

Persekutuan Komanditer Campuran

Persekutuan Komanditer Campuran biasanya berbentuk firma bila firma membutuhkan tambahan modal. Sekutu firma menjadi sekutu komplementer sedangkan sekutu lain atau sekutu tambahan menjadi sekutu komanditer.

Persekutuan Komanditer Bersaham

Persekutuan Komanditer Bersaham merupakan persekutuan komanditer bentuk ini mengeluarkan saham yang tidak dapat diperjualbelikan dan sekutu komplementer maupun sekutu komanditer mengambil satu saham atau lebih.

Tujuan dikeluarkannya saham ini adalah untuk menghindari terjadinya modal beku karena dalam persekutuan komanditer tidak mudah untuk menarik kembali modal yang telah disetorkan.

Baca juga : Pengertian Cek Lengkap (Jenis-jenis Cek, Sejarah, Bagian Cek dan Contohnya)

Prosedur Pendirian CV (Persekutuan Komanditer)

Prosedur pendirian CV (Persekutuan Komanditer) berdasarkan kesepakatan atas pihak yang terkait dikarenakan dalam KUH Dagang tidak ada aturan tentang pendirian, pendaftaran, maupun pengumumannya, sehingga persekutuan komanditer dapat diadakan berdasarkan perjanjian dengan lisan atau sepakat para pihak saja (Pasal 22 KUH Dagang).

Dalam praktik di Indonesia untuk mendirikan persekutuan komanditer dengan dibuatkan akta pendirian/berdasarkan akta notaris, didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri yang berwenang dan diumumkan dalam Tambahan Berita Negara RI. Dengan kata lain prosedur pendiriannya sama dengan prosedur mendirikan persekutuan firma.

Kelebihan & Kekurangan Persekutuan Komanditer

CV (Persekutuan Komanditer) memiliki kekurangan dan kelebihan seperti halnya dengan PT maupun Firma lainnya. Berikut kami akan menjelaskan kekurangan dan kelebihanya secara terperinci :

Kelebihan CV (Persekutuan Komanditer)

  • Kelebihan dari CV (Persekutuan Komanditer) antara lain :
  • Mudah proses pendiriannya.
  • Kebutuhan akan modal dapat lebih dipenuhi.
  • Persekutuan komanditer cenderung lebih mudah memperoleh kredit.
  • Dari segi kepemimpinan, persekutuan komanditer relatif lebih baik.
  • Sebagai tempat untuk menanamkan modal, persekutuan komanditer cenderung lebih baik, karena bagi sekutu diam akan lebih mudah untuk menginvestasikan maupun mencairkan kembali modalnya.

Kekurangan CV (Persekutuan Komanditer)

Sedangkan untuk kekurangan dari CV (Persekutuan Komanditer) antara lain :

  • Kelangsungan hidup tidak menentu, karena banyak tergantung dari sekutu aktif yang bertindak sebagai pemimpin persekutuan.
  • Tanggung jawab para sekutu komanditer yang terbatas mengendorkan semangat mereka untuk memajukan perusahaan jika dibandingkan dengan sekutu-sekutu pada persekutuan firma.

Ciri dan Karakteristik CV (Persekutuan Komanditer)

  • CV (Persekutuan Komanditer) memiliki Ciri dan Karakteristik :
  • Keanggotaan pada CV ada dua jenis yakni anggota aktif dan anggota pasif.
  • Sekutu aktif adalah anggota yang aktif dalam mengelola perusahaan.
  • Sedangkan pasif merupakan anggota yang menanamkan modal saja.
  • Tanggung jawab pada sekutu aktif tidak terbatas, sedangkan tanggung jawab sekutu pasif hanya sebesar modal yang dia tanam saja.

Baca juga : Pengertian Gen Lengkap dengan Sifat Gen dan Fungsinya

Demikian informasi Pengertian CV (Persekutuan Komanditer) lengkap beserta Jenis-jenisnya, Ciri, karakter, Kekurangan dan kelebihan. Semoga artikel yang kami informasikan ini bermanfaat bagi sobat. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya di Sumberpengertian.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *