Pengertian COD (Cash On Delivery) dan Manfaatnya dalam Jual Beli Online

Posted on

Pengertian COD (Cash On Delivery) – Hallo sobat, kali ini admin akan menyapa anda dengan istilah yang sedang marak digunakan oleh para netizen yakni COD atau Cash On Delivery. Bagi yang belum paham apa itu COD yuk simak informasinya di bawah ini.

Pengertian COD dan Manfaatnya

Pengertian COD dan Manfaatnya

Pengertian COD atau Cash On Delivery adalah layanan konsumen dimana seorang pembeli dapat membayar barang yang dipesan sebelumnya pada tempat yang telah ditentukan oleh pembeli.

Pengertian Cash On Delivery (COD) menurut Sumberpengertian.com adalah membayar tunai ketika barang sudah sampai.

Pembayaran ini dilakukan langsung setelah barang tiba dan diperiksa oleh si pembeli. Dengan kata lain anda dapat membayar barang yang anda pesan pada sebuah situs setelah barang itu sampai di rumah.

Biasanya layanan Cash On Delivery ini dilakukan pada bisnis online dan toko-toko terpercaya. Layanan ini dimaksudkan agar tidak ada pihak yang dirugikan ksusunya bagi si pembeli.

Layanan ini biasanya hanya dilakukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Hal ini dikeranakan keterbatasan jangkauan pada wilayah-wilayah tertentu (misalnya : daerah pelosok 😀 hehe)

Saat ini COD atau Cash On Delivery memiliki pengertian yang lebih luas lagi meskipun masih dalam konteks jual beli.

Cash On Delivery atau COD merupakan transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli pada suatu tempat yang telah disetujui bersama sebelumnya.

Pada meeting point atau tempat yang disetujui oleh kedua belah pihak si penjual membawa barang pesanan dan si pembeli membawa uang untuk membayar barang yang dipesan. Transaksi ini terjadi atas kesepakatan kedua belah pihak.

Seiring menjamurnya situs online dan social media banyak dimanfaatkan oleh netizen untuk berbisnis online atau menjual barang-barang di Internet.

Bahkan sudah banyak situs jual beli di ponsel pintar yang menawarkan barang-barang menarik dengan sistem yang beragam.

Fenomena inilah yang kemudian membuat istilah COD kian marak digunakan. Jadi apakah anda sudah faham mengenai Pengertian Cash On Delivery? Semoga artikel ini dapat bermanfaat yaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *