Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli Lengkap !

Posted on

Selamat siang sobat, senang rasanya masih diberi kesempatan untuk berbagi berbagai informasi menarik seputar pendidikan. Pada kesempatan yang baik ini mimin akan membahas tentang pengertian Biosfer Secara Umum dan Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli.

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli Lengkap !

Pengertian Biosfer

Definisi Biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi yang mencakup udara, daratan, dan air, yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung.

Pengertian Biosfer Dalam Biologi

Pengertian biosfer adalah lapisan bumi yang di dalamnya terdapat kehidupan bumi.

Pengertian Biosfer Dalam Geografi

Pengertian Biosfer adalah lapisan tempat tinggal makhluk hidup atau seluruh ruang hidup yang ditempati organisme.

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi Biosfer menurut Para Ahli

Eduard Suess

Seorang ahli geoglogi di austria tahun 1875 yakni Eduard Suess berpendapat bahwa  pengertian biosfer adalah tempat pada permukaan bumi dimana kehidupan berdiam.

James Lovelock

Pengertian biosfer berdasarkan pandangan James Lovelock adalah sebuah organisme hidup, yang hidsebut sebagai hipotesa gaia. Hipotesa gaia menjelaskan bagaimana faktor abiotik dan biotik berinteraksi dalam lingkungan.

Jhon Wiley

Jhon Wiley berpendapat bahwa pengertian biosfer adalah zona dari planet bumi dimana kehidupan terjadi secara alami, diperluas dari lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah.

Michael Allaby

Michael Allaby berpendapat bahwa Biosfer adalah bagian lingkungan hidup organisme yang ditemukan dan mereka berinteraksi membentuk sistem kelompok yang stabil, efektif untuk keseluruhan ekosistem di planet.

Vladimir wanouich veinadsky

Pengertian Biosfer menurut Vladimir wanouich veinadsky adalah sebuah sistem terbuka dan berkembang sejak dimulainy:a sejarah bumi.

Baca juga : Pengertian Design, Jenis-jenis, Prinsip dan Metode yang Digunakan

Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup

Berikut adalah penjelasan tentang tingkatan organisasi mahluk hidup.

Protoplasma

Tingkatan pertama dalam organisasi mahluk hidup adalah protoplasma. Protoplasma merupakan zat hidup yang terdapat dalam sel serta terdiri atas senyawa organik kompleks seperti lemak, protin, dan lain sebagainya.

Sel

Tingkatan organisasi mahluk hidup selajutnya adalah Sel. Sel merupakan satuan dasar organisme atau makhluk hidup yang terdiri atas protoplasma dan inti yang ada pada membran.

Jaringan

Jaringan merupakan beberapa gabungan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama, seperti jaringan otot.

Organ

Organ merupakan bagian dari organisme dengan mempunyai fungsi tertentu, seperti mata pada manusia, dan lain sebagainya.

Sistem Organ

Sistem organ yakni sebuah kerja sama antara struktural dan fungsional secara harmonis.

Organisme

Sedangkan Organisme dapat disebut juga dengan makhluk hidup.

Populasi

Tingkatan organisasi mahluk hidup setelah organisme adalah Populasi. Populasi adalah kelompok dari organisme atau makhluk hidup yang sejenis yang hidup dan berkembang biak di sebuah wilayah atau daerah tertentu.

Ekosistem

Ekosistem ialah tatanan kesatuan secara utuh serta menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang dapat untuk saling mempengaruhi.

Komunitas

Komunitas merupakan semua populasi dari beberapa jenis yang berada pada daerah tertentu.

Baca juga : Pengertian Dasar Negara Menurut Para Ahli | Fungsi dan Manfaat Dasar Negara

Demikian penjelasan tentang Pengertian Biosfer Secara Umum, Pengertian Biosfer Menurut Ilmu Biologi, Pengertian Biosfer Menurut Ilmu Geografi, Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli serta Tingkatan Organisasi Mahluk Hidup. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel lainnya di Sumberpengertian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *