Pengertian Atletik, Sejarah dan Cabangnya

Olahraga Melisa

Jika sebelumnya kami telah mengulas tentang Kebugaran Jasmani maka kali ini kami akan mengulas pengertian Altetik yang masih cukup erat kaitannya dengan Kebugaran Jasmani. Jadi apa sih pengertian Altetik itu ?

Pengertian Atletik dan Macam-macamnya

Pengertian Atletik

Menurut Wikipedia Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat.

Kata Atletik berasal dari Bahasa Yunani “athlon” yang berarti “kontes”.

Sejarah Atletik

Atletik merupakan event asli dari Olimpiade yang diadakan pertama kali pada tahun 776 sebelum Masehi di mana satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade. Saat ini Altetik telah dijadikan salah satu cabang Olimpiade di berbagai negara.

Baca juga : Pengertian Seni Kriya Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Cabang Atletik

Cabang Atletik terbagi dalam tiga kelompok yakni : Lari, Lempar dan Lompat.

Lari

Dalam cabang lari terbagi kedalam beberapa jenis diantaranya :

Lari Sprint ( 100 meter )

Lari Sprint merupakan lari dengan jarak 100 meter. Lari Sprint hampir mirip dengan lari jarak pendek yang membedakan adalah jika pada lari jarak pendek jaraknya 50 meter hingga 400 meter.

Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek merupakan altetis cabang lari yang jaraknya 50 hingga 400 meter.

Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah merupakan lari dengan jarak mulai 800 hingga 1.500 meter.

Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh biasanya disebut juga dengan istilah maraton. Lari jarak jauh ini merupakan lari dengan jarak  mencapai 3.000 meter lebih.

Lari Estafet

Lari estafet merupakan cabang lari yang dilakukan bersama tim secara bersambung atau bergantian. Dalam lari estafet tiap timnya terdiri dari 4 orang yang akan memberikan tongkat secara bersambung yang harus dibawa pelari hingga ke garis finish.

Lari Halang Rintang

Dalam lari halang rintang jarak yang ditempuh adalah 3000 meter. Dalam lintasan para peserta  akan mendapatkan banyak halangan dan rintangan. Rintangan ini dibedakan menjadi rintangan gawang dan rintangan water jump.

Lempar

Dalam kategori yang kedua yakni lempar terbagi kedalam beberapa jenis lempar yakni :

Lempar Cakram

Lempar cakram merupakan salah satu jenis atletis dalam kategori lempar.  Cakram yang  digunakan berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan.

Lempar Lembing

Lempar lembing dilakukan dengan melemparkan lembing dalam jarak tertentu. Untuk mencapai jarak maksimum, atlet harus menyeimbangkan kecepatan, teknik dan kekuatan.

Tolak Peluru

Tolak peluru ialah cabang atletis yang merupakan suatu bentuk gerakan menolak atau mendorong suatu alat bundar(peluru) dengan berat tertentu yang terbuat dari logam, yang dilakukan dari bahu dengan satu tangan untuk mencapai jarak sejauh jauhnya.

Lompat

Dalam kategori lompat juga terbagi kedalam beberapa jenis lompatan yakni :

Lompat Tinggi

Lompat tinggi merupakan ketrampilan melompat yang diharuskan untuk melewati mistar. Mistar yang harus dilewati minimal 2.5 meter.

Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Baca juga : Pengertian Puasa Rajab, Hukum, Niat, dan Manfaatnya

Lompat Galah

Lompat Galah hampir mirip dengan lompat tinggi bedanya pada lompat galah dibantu dengan mengunakan galah untuk melewati mistar. Tujuannya adalah untuk melompat yang setinggi-tingginya.

Lompat Jangkit

Lompat jangkit adalah suatu lompatan yang terdiri atas jingkat (hop), langkah (step), dan lompat (jump) yang dilakukan secara berurutan dan terpadu.

Demikian pengertian Altelis, Sejarah altelis serta cabang-cabangnya yang dilombakan dalam olimpiade. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat. Simak informasi lainnya hanya di Sumberpengertian.com yaa 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply