Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli dan Contohnya !

Posted on

Pasti sobat pernah kan mengungkapkan expresi apresiasi. Biasanya hal yang diapresiasi adalah karya sastra, seni maupun karya-karya lain. Meski sering mengungkapkannya namun tentu saja sobat belum tentu mengerti apa definisi apresiasi untuk itu mimin secara khusus mengulaskan kepada sobat tentang Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli.

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli dan Contohnya

Pengertian Apresiasi

Definisi apresiasi secara umum adalah suatu proses melihat, mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan membandiangkan atau menghargai suatu karya seni.

Dapat dikatakan bahwa apresiasi adalah penilaian baik atau penghargaan terhadap suatu karya sastra ataupun karya seni.

Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi apresiasi menurut para ahli :

Aminuddin

Berdasarkan pandangan Aminuddin, apresiasi mengandung makna pengenalan melalui perasaan atau pun kepekaan batin dan pengakuan terhadap unsur-unsur keindahan yang diungkapkan oleh pengarangnya.

Albert R. Candler

Definisi apresiasi merupakan kegiatan mengartikan serta menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, sehingga dapat menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.

Dalam aktivitas mengapresiasi, seorang penghayat melaksanakan aktivitas pencarian pengalaman estetis, sehingga motivasi yang timbul adalah motivasi pengalaman estetis (berupa kepuasan kontemplatif dan intuitif).

Alfred North Whitehead

Apresiasi adalah proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang dilakukan oleh seseorang dalam sebuah kegiatan guna mendapatkan suatu hal, dan berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.

Effendi

Pengertian apresiasi menurut Effendi merupakan aktivitas menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

Elliyati

Berdasarkan pandangan Elliyati, apresiasi merupakan setiap kegiatan mengakrabi karya sastra secara bersungguh-sungguh. Berkaitan dengan hal itu, apresiasi membutuhkan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai, dan menghayati, sehingga ia dapat menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam.

Effendi (1973)

Apresiasi adalah sebuah aktifitas atau kegiatan untuk menggauli sastra yang diciptakan dengan ketulusan hati dan kesungguhan hingga dihasilkan karya yang menumbuhkan pengertian, kepekaan, kritis, penghargaan, dan kepekaan rasa yang cukup baik terhadap hasil cipta sastra.

Hornby

Pengertian apresiasi menurut Horby apresiasi mengacu kepada pengertian pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian, dan pernyataan yang memberikan penilaian.

John Dewey

Definisi apresiasi adalah menikmati sebuah kesenangan atau pengalaman terhadap sesuatu.

Jarret

Definisi apresiasi adalah perhatian seseorang terhadap sesuatu yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apresiasi adalah setiap penilaian baik; penghargaan; seperti misalnya – terhadap karya – karya sastra atau pun karya seni.

Prayogi

Apresiasi merupakan setiap aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra atau pun karya seni tertentu. Apresiasi juga dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum atau pun kekaguman yang keluar dari diri pengguna atau pun penikmat karya seni atau pun karya sastra tertentu.

Tirta Wiraya

Pengertian apresiasi adalah kemampuan seseorang dalam menentukan dan mengetahui tinggi rendahnya mutu atau kualitas sebuah karya sastra.

G.H Hardy

Pengertian apresiasi adalah seseorang yang appreciate terhadap suatu hal.

Syoyan Zakaria

Definisi apresiasi adalah respon yang diberikan seseorang secara matang dan penuh dengan intisari yang dihasilkan dari pemahaman yang kritis terhadap nilai yang tinggi yang disebabkan oleh jiwa yang berkembang.

Contoh Apresiasi

Berikut adalah contoh apresiasi :

  • Menyaksikan pertunjukan seni.
  • Menyaksikan sebuah karya.
  • Mengkritisi karya seni.

Dengan penjelasan diatas tentunya sobat sudah faham bukan apa itu definisi apresiasi secara umum dan menurut pandangan para ahli. Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yaa 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *