Pengertian Analogi, Contoh Analogi dan Pembahasanya !

Posted on

Siang tadi kami telah membahas tentang Etika Profesi, kali ini kami akan membahas tentang topik yang berbeda yakni tentang Pengertian Analogi, Contoh Analogi dalam Kalimat. Yuk langsung saja kita lanjut ke materi.

Pengertian Analogi dan Contoh Analogi

Pengertian Analogi

Definisi Analogi adalah persamaan antar bentuk yang menjadi dasar terjadinya bentuk-bentuk yang lain.

Secara umum, analogi adalah proses penalaran berdasarkan pengamatan terhadap gejala khusus dengan membandingkan atau mengumpakan suatu objek yang sudah teridentifikasi secara jelas terhadap objek yang dianalogikan sampai dengan kesimpulan yang berlaku umum.

Pengertian Analogi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Analogi didefinisikan sebagai :

  • persamaan atau persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan; kias:
  • Ling kesepadanan antara bentuk bahasa yang menjadi dasar terjadinya bentuk lain;
  • Mik sesuatu yang sama dalam bentuk, susunan, atau fungsi, tetapi berlainan asal-usulnya sehingga tidak ada hubungan kekerabatan;
  • Sas kesamaan sebagian ciri antara dua benda atau hal yang dapat dipakai untuk dasar perbandingan;

Sehingga dapat disimpulkan bahwa analogi merupakan suatu proses penalaran dengan menggunakan perbandingan dua hal yang berbeda dengan cara melihat persamaan dari dua hal yang di perbandingkan tersebut sehingga dapat digunakan untuk memperjelas suatu konsep.

Contoh Kalimat Analogi

Untuk dapat memahami tentang definisi analogi yang benar kami akan memberikan contoh analogi dalam kalimat dibawah ini :

Wanita yang menjaga hati dan pikirannya memiliki kecantikan yang alami dari dalam hati seperti air pegunungan.

Analogi yang digunakan dalam kalimat ini adalah analogi dengan membuat persamaan dengan alam. Penulis berusaha menyampaikan maksud bahwa wanita yang menjaga hati dan pikirannya memilikiki kecantikan yang alami sama halnya dengan makna air pengunangan yang bersih, segar, sejuk dan alami.

Baca juga : Pengertian Etika Profesi, Etika, Profesi dan Profesionalisme Lengkap 

Bagaimana sobat sudah faham belum tentang definisi analogi, dan contoh analogi dalam kalimat ? Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat memperluas wawasan anda yaa. Sampai jumpa pada artikel pendidikan lainnya di Sumberpengertian.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *