Pengertian Akuntabilitas Secara Umum & Menurut Para Ahli

Umum Melisa

Pada kesempatan yang baik ini admin akan membagikan informasi terkait konsep Akuntabilitas. Nah bagi sobat yang belum mengetahui tentang pengertian akuntabilitas simaklah dengan seksama yaa 🙂

Pengertian Akuntabilitas Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntabilitas Secara Umum

Akuntabilitas adalah istilah yang menggambarkan menggambarkan tingkat pertanggungjawaban seseorang ataupun suatu lembaga tertentu yang berkaitan dengan sistem administrasi yang dimilikinya.

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Syahrudin Rasul, ( 2002 : 8 )

Pengertian akuntabilitas menurut Syahrudin Rasul adalah kemampuan memberi jawaban kepada otoritas yang lebih tinggi atas tindakan seseorang/sekelompok orang terhadap masyarakat luas dalam suatu organisasi.

Turner and Hulme, ( 1997 )

Pengertian akuntabilitas menurut Turner and Hulme keharusan lembaga-lembaga sektor publik untuk lebih menekan pada pertanggungjawaban horizontal (masyarakat) bukan hanya pertanggungjawaban vertikal (otoritas yang lebih tinggi).

Mardiasmo ( 2006 : 3 )

Sebagai bentuk kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelasanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yabg dilaksanakan secara periodik.

Mahmudi ( 2010 : 23 )

Kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya publik kepada pemberi mandat (prinsipal).

Wikipedia

Akuntabilitas adalah sebuah konsep etika yang dekat dengan administrasi publik pemerintahan (lembaga eksekutif pemerintah, lembaga legislatif parlemen dan lembaga yudikatif Kehakiman).

Baca juga : Pengertian Kedaulatan, Sifat dan Jenis-Jenis Kedaulatan

Dimensi Akuntabilitas

Menurut Syahrudin Rasul, (2002:11) dimensi akuntabilitas terbagi ke dalam 5 bagian antara lain :

 Akuntabilitas hukum dan kejujuran (accuntability for probity and legality)

Akuntabilitas hukum merupakan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan lain yang disyaratkan dalam organisasi. Akuntabilitas kejujuran merupakan penghindaran penyalahgunaan jabatan, korupsi dan kolusi.

Akuntabilitas hukum menjamin ditegakkannya supremasi hukum, sedangkan akuntabilitas kejujuran menjamin adanya praktik organisasi yang sehat.

Akuntabilitas Manajerial

Akuntabilitas manajerial disebut juga dengan istilah akuntabilitas kinerja (performance accountability) yang artinya pertanggungjawaban untuk melakukan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien.

Akuntabilitas Program

Akuntabilitas program adalah program-program organisasi hendaknya merupakan program yang bermutu dan mendukung strategi dalam pencapaian visi, misi dan tujuan organisasi.

Sebuah lembaga publik harus mempertanggungjawabkan program yang telah dibuat sampai pada pelaksanaan program.

Akuntabilitas Kebijakan

Lembaga-lembaga publik harus dapat mempertanggungjawabkan kebijakan yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan dampak yang akan dihadapi dimasa depan.

Akuntabilitas Financial

Akuntabilitas dalam finacial adalah pertanggungjawaban lembaga-lembaga publik untuk menggunakan dana publik (public money) secara ekonomis, efisien dan efektif, tidak ada pemborosan dan kebocoran dana, serta korupsi.

Baca juga : Pengertian Ide Pokok, Kalimat Utama, Kalimat Penjelas dan Contohnya

Aspek-Aspek Akuntabilitas

Berikut ini adalah aspek-aspek dalam akuntabilitas :

  • Akuntabitas adalah sebuah hubungan
  • Akuntabilitas Berorientasi Hasil
  • Akuntabilitas memerlukan pelaporan
  • Akuntabilitas itu tidak ada artinya tanpa konsekuensi
  • Akuntabilitas meningkatkan kinerja

Demikian pengertian Akuntabilitas secara umum serta pengertian akuntabilitas menurut para ahli serta aspeknya. Semoga artikel di Sumberpengertian.com ini dapat bermanfaat bagi kita semua 🙂 Wassalamualaikum..

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply