Pengertian Agama Secara Umum & Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Agama Secara Umum & Menurut Para Ahli – Setiap orang memiliki keyakinannya masing-masing. Keyakinan tersebut dimaksudkan agar menjaga kita dari perbuatan-perbuatan yang dapat membawa ke hal-hal yang negatif. Setiap agama mengajarkan kebaikan dan nilai-nilai kebenaran yang akan membuat kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Pada artikel ini kami akan membahas pengertian agama secara umum dan pengertian agama menurut para ahli. Untuk anda yang belum faham tentang definisi agama simaklah artikel ini dengan seksama yaa 🙂

Pengertian Agama Secara Umum dan Menurut Para ahli

Pengertian Agama

Pengertian Agama Secara Umum

Agama merupakan sebuah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Baca juga : Pengertian Pernikahan Menurut Islam

Pengertian Agama Menurut Para Ahli

Sutan Takdir Alisyahbana (1992)

Pengertian Agama menurut Sutan Takdir Alisyahbana adalah suatu system kelakuan dan perhubungan manusia yang pokok pada perhubungan manusia dengan rahasia kekuasaan dan kegaiban yang tiada terhingga luasnya, dan dengan demikian member arti kepada hidupnya dan kepada alam semesta yang mengelilinginya.

Dr.m. Drikarya

Pengertian Agama menurut Dr.m. Drikarya adalah keyakinan adanya suatu kekuatan supranatural yang mengatur danmenciptakan alam dan isinya.

Edward Burnett Tylor (1832-1917)

Agama merupakan kepercayaan makhluk gaib dan menyatakan bahwa keyakinan ini berasal sebagai penjelasan kepada dunia.

Moenawar Chalil

Menurut H. Moenawar Chalil Agama adalah perlibatan yang merupakan tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan kekuatan supranatural tersebut sebagai konsekuensi atas pengakuannya.

Jappy Pellokild

Penegrtian Agama menurut Jappy Pellokild adalah percaya adanya tuhan yang maha esa dan hukum-hukumnya.

Michel Meyer (dalam Rousydiy, 1986)

Pengertian Agama menurut Michel Meyer adalah sekumpulan kepercayaan dan pengajaran-pengajaran yang mengarahkan kita dalam tingkah laku kita terhadap Allah SWT, terhadap sesama manusia dan terhadap diri kita sendiri.

Émile Durkheim

Agama menurut Émile Durkheim adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci dan menyatukan semua penganutnya dalamsuatu komunitas moral yang di namakan umat.

Baca juga : Pengertian Yayasan beserta Syarat dan Tujuan Yayasan

A.M. saefuddin (1987)

Pengertian agama menurut A.M. saefuddin merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial yang besifat universal.

Anthony F.C. Wallace

Menurut Anthony F.C. Wallace Agama diartikan sebagai seperangkat upacara yang diberi rasionalisasi lewat mitos dan menggerakkan kekuatan supernatural dengan maksud untuk mencapai terjadinya perubahan keadaan pada manusia dan semesta.

Luckmann

Luckmann menyatakan bahwa Agama adalah kemampuan organisme manusia untuk mengangkat alam biologisnya melalui pembentukan alam-alam makna yang objektif, memiliki daya ikat moral dan serba meliputi.

Demikian pengertian Agama secara umum dan menurut para ahli. Simak terus informasi penting lainnya di Sumberpengertian.com karena kami akan terus mengupdate dan memberikan info menarik pada artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *