Pengertian A Cire Perdue, Teknik Bivalve dan Contohnya !

Posted on

Selamat pagi sobat, bagaimana Kegiatan Ulangan Semester kalian? Semoga berjalan dengan baik dan lancar yaa 🙂 Untuk menemani kegiatan ulangan semester sobat mimin akan membagikan informasi tentang teknik cetak yang disebut dengan a cire perdue dan teknik bivalve. Jadi apa itu pengertian a cire perdue dan bivalve ? Yuk langsung saja kita simak selengkapnya.

Teknik a cire perdue dan bivalve

Pengertian A Cire Perdue

Pengertian teknik cetak a cire perdue adalah teknik cetak perunggu dengan menggunakan cetakan lilin yang dibungkus dengan tanah liat.

Lilin yang sudah dilapisi tanah liat tersebut dibakar hingga lilin meleleh. Ketika lilin sudah mencair, lilin akan dikeluarkan dari lubang tanah liat.

Kemudian ruang yang sebelumnya terisi oleh lilin akan diisi dengan perunggu cair. Jika perunggu sudah mengeras, cetakan tanah liat akan dipecah untuk mengambil cetakan perunggu.

Pengertian Bivalve

Pengertian teknik Bivalve adalah sebuah teknik melakukan cetakan dengan memanfaatkan batu. Teknik ini menggunakan 2 bagian yang kemudian diikat menjadi satu, dilanjutkan dengan penuangan logam. Setelah logam membeku, cetakan batu yang terdiri dari 2 bagian tersebut dibuka.

Contoh Teknik A Cire Perdue

Contoh dari hasil teknik A Cire Perdue diantaranya alat-alat kesenian, perhiasan, kalung, gelang, cincin, dll.

Teknik A Cire Perdua ini termasuk dalam sebuah sejarah. Karena pada zaman saat ini tekni A Cire Perdue tidak lagi digunakan.

Teknik yang saat ini banyak digunakan yakni teknik peleburan dan teknik cetak yang lebih praktis dan modern. Teknik A Cire Perdue sudah jarang digunakan karena cukup  merepotkan dan menyita banyak waktu karena teknik tersebut hanya dapat digunakan sekali saja.

Baca juga : Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Contohnya !

Demikian penjelasan tentang Pengertian A Cire Perdue dan Pengertian Teknik Bivalve. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel selanutnya di Sumberpengertian.com 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *